Tips Belajar Fotografi Bagi Pemula


Secara pribadi, sekarang ini sangat menyenangkan untuk mempelajari ilmu fotografi. Selain sebagai hobi, fotografi sangat cocok bagi traveller dan bagi mereka yang menyukai tempat-tempat baru. Jadi tak heran jika masih banyak yang belajar fotografi secara baik dan benar bagi para pemula.


Saia sebagai pemula dalam dunia fotografi, setidaknya ada beberapa pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi anda yang memulai ilmu ini. Inti dari postingan ini, kita sama-sama belajar untuk menjadi fotografer yang mengerti cara memotret.

Sebagian orang beranggapan, kamera DSLR itu sangat mahal bagi para pemula. Padahal jika memang ada niatan untuk belajar, sebenarnya bisa meminjam kamera orang lain atau membeli yang bekas (second). Istilahnya, jangan langsung membeli peralatan yang mahal jika masih ada yang lebih murah.

Berhubung pemula, biasanya selalu gemeteran pada saat memotret. Saran saia (walau tidak wajib), sebaiknya anda membeli atau memiliki tripod. Selain bisa mengurangi getaran yang diakibatkan pada tangan, tripod sangat banyak membantu pengambilan foto saat kecepatan (speed) rendah.

Mengingat saia masih pemula, teknik memotret yang benar belum sepenuhnya saia kuasai. Namun, saia mendapat nasehat yang bagus dari teman sekaligus mentor (@bengsin), yaitu :

"Teknik selalu kalah dengan momen, dan momen yang bagus tidak selalu datang terus-menerus."

Jadi untuk berjaga-jaga, siap dengan kamera yang selalu kita bawa.

Mengenai komposisi terhadap obyek, jangan pernah takut salah atau jelek hasilnya. Walau terkadang hasilnya tidak bagus di mata orang lain, namun sangat mengesankan bagi mata saia sendiri. Untuk menjadikan obyek lebih menarik, saia memang menggunakan trik-trik tertentu, agar bisa menghasilkan foto yang luar biasa.

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan trik-trik tersebut? Saia memanfaatkan sumber-sumber informasi belajar dari berbagai media online. Mulai dari blog, forum, milist dan lainnya. Internet sudah menyediakan banyak informasi tentang ilmu fotografi, tinggal bagaimana anda menyerapnya sebagai ilmu yang baik. Agar tidak mudah bosan, segera praktekan trik tersebut dengan obyek yang berbeda-beda. Bila perlu, belajar langsung kepada teman-teman yang sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya. Nikmati prosesnya dan biarkan mengalir apa adanya.

Yang paling penting dari tahap pembelajaran adalah, kenali kamera anda terlebih dahulu. Dengan begitu, anda akan semakin sayang terhadap kamera anda. Karena fitur-fitur dan pengaturan yang terdapat di dalamnya, sudah sangat membantu anda untuk menghasilkan gambar yang baik. Contohnya mengatur kecepatan (speed), ISO, fokus manual dan lainnya.

Memang tak mudah, namun learning by doing (belajar sambil praktek), merupakan proses belajar yang sangat efektif. Percayalah! Karena saia sudah melakukan dan mendapatkan hasilnya secara maksimal. Wujud daripada hasil tersebut, saia meraih juara kedua "Photography Competition Pre-event Instagram Competition".



Semoga tips belajar fotografi bagi pemula ini berguna bagi anda. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar