Tips Mendapatkan Foto Bunga Yang Menarik


Karakteristik pada foto diatas adalah gambar bunga yang memenuhi bidang foto, latar belakang yang kontras dengan warna obyek, dan memiliki daya tarik visual melalui komposisi bidang gambar (frame).

Untuk mendapatkan foto bunga tersebut, saya berimajinasi menjadi hewan cacing. Dimana melihat obyek, laksana benda tinggi yang menjulang ke angkasa. 

Menggunakan lensa kit 18-70 mm pada FL (Focal Length) paling panjang, yaitu 70. Dengan tujuan mendapatkan gambar obyek penuh ke dalam bidang gambar. 

Demi mendapatkan gambar yang tajam dan maksimal, saya menggunakan tripod agar tidak goyang saat melakukan pemotretan. Dibantu dengan remote shutter, hampir tidak ada tangan yang menyentuh kamera. 

Saya membidik dengan mode Manual dan mengatur bukaan diafragma pada angka besar, yaitu F/5.6. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan latar belakang yang out of focus (blur).

Berhubung waktu memotret pada malam hari, saya menggunakan lampu flash eksternal (speedlite). Selain terbantu mendapatkan cahaya yang cukup, juga memberikan efek kontras antara obyek dan latar belakang. 

Untuk white balance, saya mengaturnya dengan angka 5600 K (warna yang biasa dikeluarkan oleh lampu flash). Setelah itu, melakukan satu pemotretan dan hasilnya (saya merasa) terlihat sangat menarik.

Semoga tips ini bermanfaat bagi anda, terima kasih..

@gpmotret

0 komentar:

Posting Komentar